Yuk, “Bersenjagurau” Bareng Senar Senja di Pekan Kebudayaan Nasional 2019!

Mendengarkan musik ketika matahari terbenam merupakan salah satu cara yang menarik untuk menenangkan pikiran. Kira-kira, begitulah konsep yang diusung oleh Senar Senja dalam setiap lagu yang dinyanyikan.

 

Memulai karier sejak tahun 2012 lalu, Senar Senja telah menelurkan dua album bertajuk “Bersenjagurau” (2015) dan “Kelana” (2018). Sesuai namanya, musik yang dibawakan sangat tepat jika dinikmati ketika senja alias sore hari.

 

Melihat namanya yang unik, Sahabat Budaya mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya makna di balik nama Senar Senja?

 

Senar Senja berawal dari duo akustik yang dibentuk oleh Febry Rufiandhy (gitar & vokal) dan Aditya Sidhi (gitar). Keduanya sudah sering tampil di berbagai acara kampus sejak tahun 2010, hingga akhirnya mereka sepakat memberi nama duetnya Senar Senja pada tahun 2012.

 

Diungkapkan Febry, nama Senar Senja memiliki arti tersendiri. Senar merepresentasikan gitar yang merupakan instrumen favorit mereka, sementara Senja dipilih karena keduanya kerap tampil pada sore hari menjelang malam. Febry juga mengatakan bahwa sore hari merupakan waktu yang tepat bagi seseorang untuk menyejukkan pikiran.

 

Selama berkarier, Senar Senja telah tampil di berbagai kota di Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga pernah tampil di “International Samaa’ Music Festival” di Kairo, Mesir, beberapa waktu lalu. Di Tanah Air, karya-karya mereka diterima baik oleh masyarakat, khususnya penikmat musik folk dan indie.

 

Sayang, saat sedang gencar-gencarnya melakukan tur pada tahun 2017 lalu, duo yang sedikit banyak terpengaruh oleh Kings of Convenience ini harus berpisah karena alasan perbedaan visi dan misi. Alhasil, Febry pun memutuskan untuk menjalankan Senar Senja seorang diri dan menuntaskan tur tanpa Adit.

 

Senar Senja pernah didapuk sebagai pengisi soundtrack dalam film “22 Menit” karya sutradara kenamaan Eugene Panji. Lagu “Dialog Hujan” pun dipilih ketika itu.

 

Nah, bagi Sahabat Budaya yang penasaran dengan penampilan memukau Senar Senja, Sahabat Budaya bisa datang ke acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

 

Senar Senja akan tampil di Panggung Siger pada Kamis, 10 Oktober 2019, pukul 17.00 – 17.30 WIB.

 

Bagaimana, siap “Bersenjagurau” Bareng Senar Senja di Pekan Kebudayaan Nasional 2019?

1 Comment
  • Ryan
    Posted at 12:58h, 28 September Reply

    Siap meluncur min

Post A Comment