Viky Sianipar, Musisi Tanah Air yang Sukses Bawa Musik Batak Mendunia!

Nama Viky Sianipar tentu sudah tak asing di telinga penikmat musik di Tanah Air. Musisi kelahiran 26 Juli 1976 tersebut telah menelurkan sejumlah album dengan genre World Music, perpaduan antara musik barat dan tradisional atau etnik dari berbagai belahan dunia.

 

Terkenal karena membawakan musik Batak dengan gaya baru, Viky memang mengaku bahwa dirinya begitu cinta dengan tanah leluhurnya tersebut. Hal itu pula yang mendorong dirinya berani mengeksplor lagu-lagu Batak kemudian melakukan aransemen ulang dengan tujuan agar generasi muda mau mengenal dan mencintai budayanya sendiri.

 

Cita-cita Viky untuk mengangkat musik tradisional Batak ke dunia internasional bisa dibilang berjalan mulus. Beberapa tahun lalu, Viky telah menjalani tur ke sejumlah kota di kawasan Eropa.

 

Bersama grup Toba World, Viky sukses memukau pencinta musik di “Nights in Old Ljubljana Town International Festival”. Acara tersebut digelar di kawasan pusat kota Ljubljana.

 

“Nights in Old Ljubljana Town International Festival” merupakan salah satu festival budaya besar di Slovenia yang rutin diadakan pada musim panas. Ratusan seniman lokal dan internasional berpartisipasi dalam acara tersebut setiap tahunnya.

 

Dalam penampilannya di acara tersebut, Viky bercerita tentang Indonesia yang memiliki keragaman etnik dan budaya, di mana Batak adalah salah satunya. Ia pun menjelaskan makna di setiap lagu dan gerak yang dipertontonkan duo vokalisnya.

 

Sebelumnya, Viky mengaku sempat beberapa kali menolak manggung di luar negeri. Alasannya, ia ingin musik Batak dikenal lebih dulu oleh generasi muda di Indonesia.

 

Viki juga bercerita bahwa lagu Batak kerap dinyanyikan di Austria oleh musisi Herman Delago. Beberapa tahun belakangan, kata Viky, Herman sering menyanyikan lagu Batak dengan sentuhan orkestra di Austria, khususnya di Tirol.

 

Viky akan tampil di acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Viky akan menggoyang Panggung Nusantara pada Rabu, 9 Oktober 2019, pukul 20.15 – 21.15 WIB.

 

Bagaimana, Sahabat Budaya, siap bergoyang bersama Viky Sianipar?

No Comments

Post A Comment