Tentang Kami

Pekan Kebudayaan Nasional merupakan event akbar yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dalam rangka melestarikan budaya Indonesia. Acara ini akan diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, pada 7-13 Oktober 2019.

 

Konsep Pekan Kebudayaan Nasional tidak jauh berbeda dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi. Skema yang diterapkan tersebut diharapkanĀ  bisa berdampak luas dan menciptakan ruang interaksi budaya yang baik di masyarakat.

Adapun aktivitas utama yang akan dilaksanakan meliputi:

 

Kompetisi daerah

Kompetisi seni khas dari setiap provinsi di Indonesia.

 

Kompetisi nasional

Kompetisi permainan tradisional yang dilaksanakan secara berjenjang, dari desa hingga ibukota.

 

Konferensi pemajuan kebudayaan

Ruang pencerahan publik yang bertujuan untuk mempersiapkan perencanaan pembangunan berbasis kebudayaan.

 

Ekshibisi kebudayaan

Pameran artefak-artefak kebudayaan, purwarupa teknologi pemajuan kebudayaan hasil inovasi dari Kemah Budaya Kaum Muda, serta karya-karya unggulan dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

 

Pergelaran karya budaya bangsa

Parade gelombang nusantara yang menggalang partisipasi dari pelaku budaya se-Indonesia. Beberapa pergelaran seni yang akan ditampilkan meliputi defile tarian tradisional, koreografi bela diri, hingga rampak perkusi nusantara.

 

Pekan Kebudayaan Nasional akan menampilkan permainan rakyat yang sederhana, di mana tidak memerlukan peralatan, fasilitas, atau logistik yang rumit. Kegiatan yang digelar diharapkan mampu mengasah dan mengembangkan permainan rakyat tersebut, sehingga jadi lebih menarik dan bisa menjadi perhatian publik.

 

Pekan Kebudayaan Nasional merupakan wujud implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018. Yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif.

Karya by Alit Ambara

Ikuti sosial media kami

Untuk berita terbarunya!