Lari Balok, Permainan Tradisional yang Unik dan Menyenangkan!

Lari balok merupakan salah satu permainan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Permainan ini dimainkan dengan cara berlari di atas dua balok (dari empat balok yang tersedia) di atas lintasan.

 

Lari balok termasuk permaianan rakyat yang unik dan menyenangkan. Selain hanya memerlukan alat yang sederhana, lari balok juga memiliki tantangan tersendiri ketika dimainkan.

 

Pada prinsipnya, setiap habis melangkah, para pemain harus memindahkan balok yang berada di belakang ke posisi depan sebagai tempat berpijak. Pola tersebut dilakukan berulang hingga pemain menyentuh batas akhir alias garis finish.

 

Meski terlihat mudah, namun pada kenyataannya bermain lari balok butuh kemampuan yang mumpuni. Para pemain harus menggerakkan seluruh badannya dan setiap gerakan membutuhkan kelincahan, kekuatan, serta ketepatan sebagai strategi.

 

Alat dalam permainan ini tidaklah rumit. Hanya perlu balok berbahan kayu dengan ukuran panjang sekitar 25 cm, lebar 9 cm, tebal 4 cm, dan berat sekitar 50-100 gram.

 

Untuk memainkannya, dibutuhkan juga lapangan atau ruang terbuka berukuran panjang kurang-lebih 15 meter dan lebar 7,5 meter. Lapangan tersebut dibagi menjadi 5 garis lintasan, di mana masing-masing lintasannya berukuran 1,5 meter.

 

Peraturan lari balok telah disusun secara nasional. Permainan ini juga bisa dimainkan oleh semua kalangan, laki-laki maupun perempuan dan anak-anak hingga orang dewasa.

 

Dalam rangka melestarikan permainan lari balok, berbagai kejuaraan kerap diselenggarakan, baik itu di tingkat provinsi atau nasional. Permainan ini juga masih sering dilombakan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

Sebagai informasi, permainan lari balok akan dilombakan dalam acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Perlombaan akan berlangsung selama dua hari, mulai dari 9-10 Oktober 2019.

 

Bagi Sahabat Budaya yang ingin mengikuti lomba lari balok di ajang ini, informasi dan pendaftaran bisa dilihat di lombapermainantradisional.daftarkan.online. Batas akhir pendaftaran hingga 10 September 2019.

 

Ayo, datang dan saksikan keseruannya hanya di Pekan Kebudayaan Nasional 2019!

No Comments

Post A Comment