Egrang, Permainan Rakyat yang punya Banyak Manfaat!

Egrang merupakan salah satu permainan rakyat yang unik dan menyenangkan. Meski terlihat sederhana, namun permainan ini sejatinya memerlukan keterampilan mumpuni dalam menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu, kecepatan dan ketepatan juga menjadi kunci dalam permainan ini.

 

Jika dilihat lebih luas, egrang sebenarnya tak hanya ada di Indonesia saja, tapi juga ada di beberapa negara di luar sana. Di Prancis, misalnya. Di negara tersebut, egrang dikenal dengan sebutan Tchangues.

 

Bedanya dengan egrang di Indonesia, Tchangues memiliki tiga kaki. Dua dipasang di kaki, sedangkan satunya dipakai sebagai penyangga ketika istirahat. Menurut kabar, Tchangues kerap digunakan oleh penggembala hewan di wilayah Landes, Prancis bagian barat daya, yang dikenal memiliki medan berawa dan berbahaya. Dengan memanfaatkan alat tersebut, mereka bisa dengan leluasa mengawasi hewan yang digembalakan.

 

Permainan egrang harus dilakukan dengan niat yang sangat kuat. Setiap pemain tidak boleh ragu dan harus seimbang, agar tidak terjatuh. Nilai sportivitas dan keuletan juga kental dalam permainan ini.

 

Dengan memainkan egrang, ada banyak manfaat positif yang bisa kita dapat. Beberapa di antaranya sebut saja kita diajarkan untuk bekerja keras, berani, tekun, sabar, hingga melatih kekuatan fisik.

 

Di Indonesia, penyebutan egrang berbeda-beda di setiap daerah. Di Kalimantan egrang disebut Batungkau, di Jawa Tengah disebut Jangkungan, di Bengkulu disebut Ingkau, sementara di Sumatera Barat lebih dikenal dengan sebutan Tengkak-tengkak.

 

Sebagai informasi, permainan egrang akan dilombakan dalam acara Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI pada 7-13 Oktober 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Perlombaan akan berlangsung selama dua hari, mulai dari 9-10 Oktober 2019.

 

Ayo, datang dan saksikan keseruannya hanya di Pekan Kebudayaan Nasional 2019!

Post A Comment